KETUA KAMAR PERADILAN AGAMA : "KOMITMEN, KERJA KERAS, DAN KOMPAK"

31Jan

Ditulis oleh adminptun

Bandung - Humas, Penerapan standar sistem manajemen mutu di pengadilan sejalan dengan reformasi birokrasi yang terus digalakkan oleh Mahkamah Agung dan empat lingkungan peradilan di bawahnya. Tujuan akhirnya tidak lain adalah untuk meningkatkan kinerja dan sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan lembaga peradilan semakin meningkat.

"Sebagai langkah nyata untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya adalah dengan sertifikasi ISO 9001: 2008. Dalam meraihnya diperlukan komitmen, kerja keras, dan kekompakan". Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Kamar Peradilan Agama, Prof.Dr.Abdul Manan, SH., S.IP., M.Hum dalam sambutan pembukanya di acara penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 kepada 11 pengadilan yang dipusatkan di.Bandung pada Jumat,29 Januari 2016.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa komitmen adalah elemen dasar untuk meraih ISO 9001:2008. Didasari komitmen, segala rintangan yang ditemui dijadikan tantangan untuk ditaklulan. Komitmen juga dibutuhkan sebab ISO ini akan terus diaudit oleh Badan penyelenggara sertifikasi mutu. "Mempertahankan lebih sulit daripada meraihnya" tegasnya.lagi.

Kerja keras adalah bahan bakar dalam meraih tujuan yakni membangun badan peradilan yang agung. Kerja keras cerdas diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan publik terhadap pengadilan sehingga proses berperkara di.pengadilan dapat terlaksana dengan efektif, efisien, dan ekonomis.

Selanjutnya jiwa satu korps yakni pengadilan akan membangun.kekompakan diantara warga pengadilan. Kekompakan menjadikan warga pengadilan semakin kuat dalam meraih visi.dan misi mulia tersebut. "Saya berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada 11 pengadilan agama tersebut. Ditengah-tengah kesibukan memberikan pelayanan hukum dan keadilan, mereka rela menyisihkan waktu,energi,juga biaya" tambahnya lagi. Total kini ada 14 pengadilan agama yang telah meraih sertifikat ISO 9001:2008. Dalam kesempatan ini pula Sekretaris MA, Nurhadi,SH.,MH juga memberikan pengarahan dan pembinaan terkait hal-hal.administratif. Sekretaris MA merasa bangga akan semangat pengadilan agama yang berlomba-lomba untuk meraih sertifikasi ISO 9001:2008.

Berikut pengadilan yang meraih sertifikat ISO 9001 : 2008.
1. Pengadilan Agama Binjai
2. Pengadilan Agama Kayu Agung
3. Pengadilan Agama Pekanbaru
4. Pengadilan Agama Jakarta Utara
5. Pengadilan Agama Karawang
6. Pengadilan Agama Purbalingga
7. Pengadilan Agama Semarang
8. Pengadilan Agama Surabaya
9. Pengadilan Agama Amuntai
10. Pengadilan Agama Sungguminasa
11. Pengadilan Agama Mataram
(ifah/SF/humas).