Kunjungan DIR. BINGANISMIN PERATUN DI PTUN Tanjung Pinang

26May

Ditulis oleh administrator

Disela-sela pelaksanaan bimbingan teknis bagi hakim Peradilan Tata Usaha Negara putaran pertama kelas ke-delapan yang diselenggarakan di Batam (23/5/16 s.d. 26/5/16), Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara (Dir. Binganismin Peratun) Yodi Martono Wahyunadi dan Wakil Ketua PT.TUN Medan Oyo Sunaryo mengadakan pembinaan di PTUN Tanjung Pinang (23/5/2016). Mula Haposan Sirait, ketua PTUN Tanjung Pinang beserta seluruh jajaran menyambut baik kunjungan Dir. Binganismin Peratun dan Wakil Ketua PT.TUN Medan.

Dir. Binganismin Peratun menyampaikan paparan mengenai pentingnya meningkatkan kompetensi dan integritas aparatur peradilan dalam mewujudkan visi Mahkamah Agung guna mewujudkan Badan Peradilan Indonesia yang Agung. Kompetensi harus ditingkatkan minimal menyangkut 5 (lima) hal. Pengetahuan hukum, kepemimpinan, manajemen perkara, tekhnologi dan informasi serta pentingnya menguasai bahasa asing khususnya bahasa Inggris.

Selain kompetensi juga integritas untuk terus dijaga. Aparatur pengadilan harus selalu menjaga citra dan wibawa peradilan. Aparatur pengadilan harus mempedomani kode etik dan pedoman perilaku hakim (Keputusan Bersama Mahkamah Agung RI dan Komisi Yudisial), kode etik dan pedoman perilaku panitera dan jurusita (Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No.:122/KMA/SK/VII/2013), serta Aturan perilaku pegawai Mahkamah Agung RI (Keputusan Sekretaris No.008-A/SEK/SK/I/2012). Kode etik dan pedoman perilaku perlu dijadikan pegangan dalam kehidupan aparatur pengadilan.

Dalam kesempatan pembinaan, Dir Binganismin Peratun dan Wakil Ketua PT.TUN Medan meninjau langsung pelaksanaan administrasi perkara, perpustakaan, kepegawaian, pelaksanaan posbakum dan pelayanan hukum, penanganan pengaduan dan pelayanan informasi. Sekaligus melihat suasana kerja di lingkungan kantor. 

Nampak, warga PTUN Tanjung Pinang bergairah untuk meningkatkan pelayan hukum bagi pencari keadilan. Standar pelayanan ISO telah dipersiapkan untuk diraih. Kaitannya, dengan persiapan memperoleh ISO, hadir pula Ketua PTUN Bandung- H. Ujang Abdulah yang sama-sama sedang mempersiapkan memperoleh ISO. Wakil Ketua PT.TUN Medan memberi arahan dalam persiapan satker untuk memperoleh ISO di wilayah hukum PT.TUN Medan.