Ditjen Badilmiltun Mengikuti Kegiatan FGD "Strategi Integrasi SIPP-SIAP-Direktori Putusan"

23Feb

Ditulis oleh administrator

Bekasi - Mahkamah Agung RI menyelenggarakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) bertajuk Strategi Integrasi SIPP-SIAP-Direktori Putusan, bertempat di Hotel Aston Bekasi Jl. KH Noer Ali No. 177 Bekasi Barat Pada Hari Senin sampai dengan Selasa 21 - 22 Pebruari 2017 atas dukungan Projek Sustain EU-UNDP. Tepat pukul 10.00 WIB Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. Takdir Rahmadi, S.H., L.L.M. membuka acara secara resmi. 

Dalam sambutannya, Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. Takdir Rahmadi, S.H., L.L.M. menyampaikan beberapa pokok bahasan perihal Integrasi Data pada Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Menurutnya, integrasi akan sangat bermanfaat dalam rangka efisiensi, sehingga dapat menekan biaya dan juga memberikan pelayanan yang lebih luas. Disamping itu manajemen dan tata kelola juga patut dipertimbangkan. Kemudian saat implementasinya harus memperhatikan Administrasi Negara dan sisi akuntabilitas. Setelah suatu Sistem dapat terintegrasi diperlukanlah dukungan Sumber Daya Manusia terkait pelaksanaannya. 

Selain membahas dampak positif perlu juga melakukan analisa terhadap segala kemungkinan resiko yang akan dihadapi. Sisi resiko mutlak diperhitungkan, apa saja resiko yang mungkin timbul apabila terjadi kerusakan-kerusakan (error) dan apa saja tindakan preventif dan penanganan yang wajib dilaksanakan. Kemudian perlu dipikirkan juga kemungkinan resiko akan kehilangan data dan bagaimana cara mengamankan data tersebut. 

Forum Group Discussion (FGD) dilaksanakan sehubungan Implementasi Program Prioritas Pembaharuan Peradilan Mahkamah Agung tahun 2017-2018, khususnya pada sektor manajemen perkara. Upaya integrasi dan komunikasi data pada Sistem Informasi Administrasi Perkara di lingkungan Mahkamah Agung (SIAP & Direktori Putusan) dengan Sistem Informasi Penelusuran Perkara pada Pengadilan Tingkat Pertama maupun pada Pengadilan Tingkat Banding (SIPP). 

Adapun tujuan kegiatan Forum Group Discussion ini untuk membahas strategi pengintegrasian SIPP-SIAP-Direktori Putusan dalam masa transisi dan rencana ke depan melalui :

  1. Penguraian fungsi dan fitur SIPP, SIAP, dan Direktori Putusan; 
  2. Presentasi prospek pengembangan sistem ke depan; 
  3. Penguraian Proses Bisinis/Alur Kerja penanganan perkara dari Pengadilan Tingkat Pertama, Tingkat Banding dan Mahkamah Agung; 
  4. Identifikasi komunikasi data, disain aplikasi dan antar muka program, masukan dan keluaran, keamanan dan integrasi data; 
  5. Manajemen basis data dan informasi, termasuk pendanaan di masa mendatang; 
  6. Mendapatkan masukkan dari masyarakat sipil, terutama pengguna sistem informasi peradilan.

Peserta antara lain meliputi Para Panitera Muda, Direktur Pembinaan Administrasi, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi, Tim Pengembang TI Mahkamah Agung, beberapa Staff Mahkamah Agung,  Tim Pembaharuan, Badan Perencanaan Nasional, LSM dan Sustain. Turut hadir Kol. Agung Iswanto, S.H., M.H. (Dir. Binganismin Mil), Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. (Dir. Binganismin TUN), Nita Setyaningrum, ST. M.Si, Stefanus Dwi Putra, S.Kom dari Ditjen Badimiltun. (ymw/@x_cisadane)